Minggu, 25 Maret 2012

LG LUNCURKAN NEW OLED TV LG

KEUNGGULAN OLED TV DIBANDING LED TV DAN LCD TV

Sebenarnya teknologi OLED bukanlah hal yang baru, bahkan sudah banyak digunakan pada perangkat-perangkat berlayar kecil seperti ponsel generasi ke 2 atau 3. Namun tidaklah mudah untuk membuatnya dalam ukuran besar, semakin besar ukurannya semakin sulit untuk dibuat. Tapi kecanggihan teknologi memungkinkan para produsen untuk melampaui kesulitan tersebut, dan TV OLED terbesar di dunia dengan ukuran 55 inci berhasil dihadirkan oleh LG di CES 2012 (Consumer Electronics Show).

Kita semua mungkin sudah sering mengenai Light Emitting Diode (LED), dan sering melihatnya digunakan sebagai Lampu latar belakang (Backlight) pada TV atau berbagai perangkat elektronik lainnya.Inti utamanya ada di huruf “O”. OLED adalah singkatan dari Organic Light Emitting Diode. OLED bersifat organik, maka tidak membutuhkan Backlight. Saat listrik dialirkan, maka Diode akan bersinar secara organik. Hal ini juga menjadi jawaban atas pertanyaan; “mengapa bisa sangat tipis?” Tanpa dibutuhkannya Backlight, maka sejauh ini TV OLED dapat dibuat dengan ketebalan hanya 4mm - 5mm.

Lalu jika di compare dengan LED tv dan LCD apakah OLED TV lebih Bagus?
Teknologi LED juga sudah sangat bagus, bahkan lebih banyak lagi TV LED yang semakin canggih, tipis dan memiliki fitur-fitur yang menarik akan dapat ditemui beberapa tahun mendatang dipasaran. LED memproduksi warna yang indah, sangat tipis, dan lebih hemat energi jika dibandingkan dengan TV LCD yang menggunakan CCFL (neon) sebagai Backlight. Performa LED sangat baik, tapi OLED lebih baik lagi. Warna yang ditampilkan OLED jauh lebih akurat, design-nya juga lebih tipis termasuk ukuran bezel list tv-nya, dan OLED lebih hemat energi dibandingkan dengan LED.

TV OLED besutan LG ini juga mengusung teknologi sebelumnya yaitu CINEMA 3D SMART TV yang tetap mengadaptasi 3D pasif pada Glasses 3D, dengan kenyamanan yang sama, ringan dan bebas Baterai. Namun kualitas 3D yang dihasilkan jauh lebih baik karena menghasilkan hitam pekat yang sempurna tanpa menimbulkan efek Judder, Ghost Image dan Crosstalk sama sekali, yang biasanya terjadi pada TV 3D yang menggunakan teknologi 3D Aktif, dimana gambar kiri dan kanan saling tumpang tindih.

Selain LG ada juga brand lain yang mengeluarkan OLED TV pada ajang CES 2012 (Consumer Electronics Show), tapi yang menarik dari OLED TV besutan LG ini adalah : LG menggunakan teknologi WHITE OLED yang mencampur warna OLED merah, hijau, dan biru (RGB) untuk menghasilkan warna OLED putih. Keempat warna murni tersebut disempurnakan melalui “Color Refiner” besutan LG, yang menghasilkan berbagai warna yang luar biasa dan tentunya sudut pandang yang sangat luas dibanding brand lain.
Yang dimana brand lain masih menggunakan teknologi 3 basic colour OLED TV pada productnya.

Jika dilihat dari spesifkasi yang ada maka LG akan menjadi Trendseter untuk brand-brand lain. Dan terus terang dengan info teknologi terbaru ini menggiurkan saya untuk melihat dan menyaksikan kualitas gambar yang di hasilkan dari NEW OLED TV FROM LG.
Tapi kapan ya kira-kira product ini akan di pasarkan di market indonesia?
Kita tunggu saja, mudah-mudahan OLED TV ini bisa cepat masuk dan mewarnai dunia audio video indonesia.
Bagi anda yang ingin memiliki OLED TV LG ini sepertinya harus mengeluarkan extra budget tetapi semua setimpal dengan benefit yang akan anda terima jika membeli OLED TV LG ini.

*Untuk saran dan pertanyaan mohon di publikasikan lewat blog ini dan bukan di bbm saya, agar saya bisa memperbaiki jika ada kekurangan dan kesalahan penjelasan.
*Tunggu blog saya berikutnya yang akan membahas Super OLED Samsung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar